MENARA PENGAWAL MEI 2015 (BUKU BAGUS DAN CERITA MENARIK)

MENARA PENGAWAL MEI 2015

Seorang wanita ketakutan saat akhir itu datang dan orang-orang di sekitarnya sedang menyelamatkan diri dari api, asap dan reruntuhan akibat bencana

 TOPIK UTAMA | APAKAH AKHIR ITU SUDAH DEKAT?

”Akhir Itu”—Apa Artinya?


Waktu dengar kata-kata, ”Akhir itu sudah dekat!” apa yang langsung terpikir oleh Anda? Sebuah meteor menabrak bumi dan membunuh semua orang? Atau mungkin perang dunia ketiga? Semua ini membuat orang ketakutan. Ada juga yang tidak percaya, atau malah merasa hal ini konyol.
Alkitab bilang, ”Akhir itu akan datang.” (Matius 24:14) Ini juga disebut ”hari besar Allah” atau ”Har–Magedon”. (Penyingkapan [Wahyu] 16:14, 16) Masing-masing agama punya pendapat yang berbeda-beda dan biasanya mengerikan. Tapi, Alkitab memberi tahu dengan jelas apa akhir itu. Firman Allah membantu kita mengerti apakah akhir itu sudah dekat. Alkitab bahkan memberi tahu kita caranya agar selamat! Tapi pertama-tama, kita luruskan dulu pandangan yang salah tentang akhir itu. Lalu, kita cari tahu apa sebenarnya ”akhir itu” menurut Alkitab.

 AKHIR ITU BUKANLAH

  1. AKHIR ITU BUKANLAH HANCURNYA BUMI SECARA MENGERIKAN.
    Alkitab bilang, ”[Allah] telah menjadikan bumi di tempatnya yang tetap.” (Mazmur 104:5) Ayat ini dan ayat-ayat lain menjamin bahwa Allah tidak akan menghancurkan bumi dan tidak akan pernah membiarkan bumi dihancurkan!Pengkhotbah 1:4; Yesaya 45:18.
  2. AKHIR ITU BUKANLAH BENCANA YANG TIDAK TERENCANA.
    Alkitab bilang kalau akhir itu sudah direncanakan. Allah sudah tentukan waktunya. Di situ tertulis, ”Sehubungan dengan hari atau jamnya tidak ada yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, Putra pun tidak, kecuali Bapak. Tetaplah melihat, tetaplah sadar, karena kamu tidak tahu kapan waktu yang ditetapkan itu.” (Markus 13:32, 33) Jelaslah, Allah (”Bapak”) sudah tetapkan kapan Ia akan mendatangkan akhir itu.
  3. AKHIR ITU BUKANLAH PERISTIWA YANG DIMULAI OLEH MANUSIA ATAU BENDA LUAR ANGKASA.
    Apa yang terjadi pada akhir itu? Penyingkapan 19:11 berkata, ”Lalu aku melihat langit terbuka, dan, lihat! seekor kuda putih. Dan pribadi yang duduk di atasnya disebut Setia dan Benar.” Ayat 19 melanjutkan, ”Lalu aku melihat binatang buas itu dan raja-raja di bumi dan bala tentara mereka berkumpul untuk berperang melawan pribadi yang duduk di atas kuda itu dan bala tentaranya.” (Penyingkapan 19:11-21) Kata-kata ini memang kiasan, tapi kita mengerti bahwa Allah akan mengirim tentara malaikat-Nya untuk membinasakan musuh-Nya.

Orang-orang yang selamat dari Armagedon sedang melewati reruntuhan bangunan, asap terlihat di kejauhan

Menurut Alkitab, akhir itu bukan sesuatu yang menakutkan. Itu justru kabar baik

AKHIR ITU MAKSUDNYA

  1. AKHIR DARI PEMERINTAHAN MANUSIA YANG GAGAL.
    Alkitab mengatakan, ”Allah yang berkuasa atas surga akan mendirikan suatu kerajaan [pemerintahan] yang tidak akan pernah binasa. Dan  kerajaan itu tidak akan beralih kepada bangsa lain. Kerajaan itu akan meremukkan dan mengakhiri semua kerajaan ini, dan akan tetap berdiri sampai waktu yang tidak tertentu.” (Daniel 2:44) Seperti dikatakan di nomor 3 tadi, ”raja-raja di bumi dan bala tentara mereka”, yang ”berkumpul untuk berperang melawan pribadi yang duduk di atas kuda itu dan bala tentaranya”, akan dimusnahkan.Penyingkapan 19:19.
  2. AKHIR DARI PERANG, KEKERASAN, DAN SEMUA YANG TIDAK ADIL.
    ”[Allah] menghentikan peperangan sampai ke ujung bumi.” (Mazmur 46:9) ”Orang yang lurus hatilah yang akan berdiam di bumi, dan orang yang tidak bercelalah yang akan disisakan di situ. Sedangkan orang fasik, mereka akan dimusnahkan dari bumi; dan mengenai pengkhianat, mereka akan direnggut dari situ.” (Amsal 2:21, 22) Allah berkata, ”Lihat! Aku membuat segala sesuatu baru.”Penyingkapan 21:4, 5.
  3. AKHIR DARI AGAMA YANG MENGECEWAKAN ALLAH DAN MANUSIA.
    Alkitab mengatakan, ”Nabi-nabi menubuatkan kepalsuan; mengenai imam-imam, mereka menginjak-injak dengan kekuasaan mereka. . . . dan apa yang akan kamu lakukan pada kesudahannya?” (Yeremia 5:31) Yesus juga berkata, ”Banyak yang akan mengatakan kepadaku pada hari itu, ’Tuan, Tuan, bukankah kami bernubuat dengan namamu, dan mengusir hantu-hantu dengan namamu, dan melakukan banyak perbuatan penuh kuasa dengan namamu?’ Meskipun demikian, pada waktu itu aku akan mengaku kepada mereka: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari hadapanku, hai, orang-orang yang melanggar hukum.”Matius 7:21-23.
  4. AKHIR DARI ORANG-ORANG YANG SEKARANG MENDUKUNG DUNIA INI.
    Yesus berkata, ”Inilah dasar untuk penghakiman, bahwa terang itu telah datang ke dunia tetapi manusia mengasihi kegelapan sebaliknya daripada terang, karena perbuatan mereka fasik.” (Yohanes 3:19) Mengenai kehancuran yang terjadi pada zaman Nuh, Alkitab berkata, ”Dunia pada waktu itu mengalami kebinasaan ketika dibanjiri air. Tetapi melalui firman yang sama, langit dan bumi yang ada sekarang disimpan untuk api dan disediakan untuk hari penghakiman dan hari kebinasaan orang-orang yang tidak saleh.”2 Petrus 3:5-7.
Perhatikan bahwa ”hari penghakiman dan hari kebinasaan” yang akan datang disamakan dengan kehancuran ”dunia” pada zaman Nuh. Apa ”dunia” yang dihancurkan itu? ”Dunia” yang ”mengalami kebinasaan” adalah ”orang-orang yang tidak saleh”, atau musuh Allah. Sedangkan planet bumi tetap ada. Selama ”hari penghakiman” yang akan datang, musuh Allah akan dimusnahkan. Tapi sahabat Allah akan selamat, sama seperti Nuh dan keluarganya.Matius 24:37-42.
Bayangkan betapa indahnya bumi setelah Allah melenyapkan semua hal buruk! Jadi menurut Alkitab, akhir itu bukan sesuatu yang menakutkan. Itu justru kabar baik. Anda mungkin berpikir, ’Apakah Alkitab mengatakan kapan akhir itu akan datang? Apakah sebentar lagi? Bagaimana saya bisa selamat?’

Share:

0 komentar: